Perjanjian Lisensi Pengguna Akhir Finfini

Terakhir diperbarui : 06 Oktober 2017
Perjanjian Lisensi End User (End User License Agreement, yang selanjutnya disebut “EULA”) adalah sebuah perjanjian legal dan mengikat antara PT. Indiva Finansia Teknologi. (“Finfini”) dan Anda atau perusahaan, organisasi, atau entitas legal lainnya yang Anda wakili (“Pemegang Lisensi”) dan mengatur penggunaan Pemegang Lisensi terhadap Layanan (seperti yang dijelaskan dibawah). Dengan menggunakan Layanan (baik secara langsung atau melalui sebuah Developer Application) Pemegang Lisensi setuju untuk diikat dengan ketentuan dari EULA ini. Pemegang Lisensi tidak diperbolehkan untuk menggunakan Layanan apabila Pemegang Lisensi tidak menyetujui seluruh ketentuan EULA. Apabila Pemegang Lisensi adalah sebuah perusahaan, korporasi, organisasi, atau entitas legal lainnya (“Entitas Legal”), maka seluruh ketentuan disini berlaku kepada Entitas Legal tersebut kecuali ketentuan yang terbatas dalam konteks individu. Apabila Pemegang Lisensi menggunakan Layanan atas nama Entitas Legal, Pemegang Lisensi menyetujui EULA untuk Entitas Legal tersebut dan menjamin bahwa Pemegang Lisensi memilki otoritas untuk mengikat Entitas Legal tersebut dengan EULA ini. Dalam kasus seperti itu, Pemegang Lisensi akan merujuk kepada Entitas Legal tersebut.

1. Definisi

Untuk keperluan EULA ini, sebagai tambahan untuk istilah-istilah yang menggunakan huruf kapital yang didefinisikan ditempat lain dalam EULA ini, istilah-istilah berikut memiliki makna yang diberikan kepada mereka sebagai berikut:
1.1 “Account Data” berarti data terkait akun keuangan Pemegang Lisensi, termasuk:
 a. rincian pemegang akun keuangan (termasuk namun tidak terbatas pada nama, alamat, email, nomor ponsel);
 b. rincian akun keuangan (termasuk namun tidak terbatas pada nomor akun, tipe, mata uang, saldo); dan
 c. rincian transaksi (termasuk namun tidak terbatas pada jumlah transaksi, tanggal, deskripsi, mata uang).  

1.2 "Developer" berarti pemilik pihak ketiga atau provider dari Developer Application.

1.3 "Developer Application” berarti web, dekstop, dan/atau mobile application yang digunakan atau ditujukan untuk digunakan oleh Pemegang Lisensi yang disediakan oleh atau atas nama Developer dan yang memperbolehkan Pemegang Lisensi untuk mengakses dan menggunakan data keuangannya via aplikasi tersebut.

1.4 "Developer Services" berarti layanan-layanan yang disediakan oleh Developer kepada Pemegang Lisensi melalui Developer Application.

1.5 “Financial Institution” berarti sebuah entitas yang terlibat dalam bisnis yang berurusan dengan transaksi keuangan, termasuk namun tidak terbatas pada bank, penyedia sistem pembayaran, penyedia e-wallet, perusahaan pinjaman, perusahaan investasi dan penyedia layanan keuangan lainnya.

1.6 “Financial Institution Account Data” berarti Informasi Akses Pemegang Lisensi dan Data Akun.

1.7 “Financial Institution Services” berarti layanan yang ditawarkan oleh Institusi Keuangan dan/atau pihak ketiga mereka kepada Pemegang Lisensi, termasuk namun tidak terbatas pada banking online, pembayaran online, investasi online, akun dan/atau unduhan berkas, pembayaran tagihan online, jual beli online.   

1.8 “Licensee Access Information” berarti segala informasi keamanan atau akses yang digunakan untuk mengotorisasi Pemegang Lisensi ketika mengakses akun keuangan Pemegang Lisensi dalam Institusi Keuangan Pemegang Lisensi, termasuk namun tidak terbatas pada username, nomor akses, password, pertanyaan keamanan dan jawabannya, token/kode sms, informasi multifaktor, informasi biometrik, informasi perangkat.

1.9 "Services" berarti agregasi data keuangan dan layanan kategorisasi yang disediakan via RavenEye API platform agregasi data kepemilikan milik Finfini, yang aksesnya diminta oleh Developer Application sehubungan dengan ketentuan Developer Services.   

1.10 “Third Party Service Providers” berarti penyedia layanan pihak ketiga Finfini yang di subkontrakkan oleh Finfini terkait dengan operasi dan hosting Layanan.

2. Pemberian Lisensi
Layanan dilindungi oleh hak cipta, merek dagang, dan hukum kekayaan intelektual lainnya. Finfini dengan ini memberikan Pemegang Lisensi sebuah hak dan lisensi yang bersifat personal, terbatas, non-ekslusif, dapat ditarik kembali, tidak dapat disublisensikan, tidak dapat ditransfer, untuk menggunakan Layanan selama masa ketentuan EULA berlaku sesuai dengan ketentuan EULA ini. Terkecuali hak-hak yang dengan tegas diberikan kepada Pemegang Lisensi dalam EULA ini, Finfini beserta pemberi lisensinya memiliki hak-hak lainnya terhadap Layanan dan teknologi yang melandasinya yang digunakan untuk menyediakan Layanan. Tidak ada hak yang diberikan melalui siratan, estoppe;, atau sebaliknya. Pemegang Lisensi menerima bahwa hanya Finfini lah yang memiliki hak untuk memelihara, meningkatkan atau sebaliknya memodifikasi Layanan dan Teknologi yang melandasinya.

3. Larangan
Pemegang Lisensi hanya diperbolehkan untuk menggunakan Layanan semata-mata seperti yang dijelaskan dalam EULA ini dan tidak diperbolehkan untuk, baik secara langsung maupun tidak langsung, melisensikan, mensublisensikan, menjual, menjual kembali, meminjamkan, mentransfer, menugaskan, mendistribusikan, membagikan, atau sebaliknya menyediakan Layanan kepada pihak ketiga manapun, termasuk menyediakan Layanan melalui metode file-sharing atau layanan hosting aplikasi apapun. Pemegang Lisensi tidak diperbolehkan, terkecuali dengan jelas disetujui oleh Finfini dalam bentuk tulisan kepada Pemegang Lisensi, untuk:

a. memodifikasi, menerjemahkan, merekayasa kembali, menyusun ulang, membongkar, atau membuat karya turunan yang berdasarkan teknologi Finfini (termasuk RavenEye API dan peranti lunak lainnya) terkecuali hingga disetujui oleh Finfini dalam bentuk tulisan atau sampai batas penegakan tersebut dilarang oleh hukum yang berlaku terlepas dari ketentuan yang bertentangan dalam perjanjian ini;

b. melewati batasan user atau larangan penggunaan yang dibangun dalam Layanan ini;

c. menghilangkan tanda, label, atau merek kepemilikan dari Layanan atau teknologi Finfini; atau

d. mengakses Layanan untuk (i) membangun produk atau layanan kompetitif; atau (ii) menduplikasi ide, fitur, fungsi, atau grafik apapun dari Layanan.

4. Tanggung Jawab Pemegang Lisensi
Lisensi yang diberikan oleh Finfini kepada Pemegang Lisensi dibawah EULA ini diatur dalam kepatuhan Pemegang Lisensi dengan tanggung jawab yang dijelaskan sebagai berikut:

a. Pemegang Lisensi bertanggungjawab penuh untuk memelihara kerahasiaan dan keamanan dari Informasi Akses Pemegang Lisensi yang Pemegang Lisensi gunakan untuk mengakses Layanan.

b. Pemegang Lisensi bertanggungjawab penuh untuk mematuhi hukum, peraturan, dan regulasi yang berlaku di yurisdiksi dimana Pemegang Lisensi menggunakan Layanan tersebut dan Finfini dengan tegas menyangkal segala liabilitas yang timbul dari kegagalan Pemegang Lisensi untuk mematuhi hal tersebut.

c. Pemegang Lisensi bertanggungjawab penuh untuk memastikan bahwa penggunaan Layanan olehnya tidak melanggar ketentuan, persyaratan, kebijakan, pedoman. peraturan dan larangan yang diberlakukan oleh Institusi Keuangannya. Pemegang Lisensi dengan ini menerima dan menyetujui bahwa merupakan tanggungjawab penuh dari Pemegang Lisensi untuk memverifikasi kepatuhan Layanan dengan ketentuan, persyaratan, pedoman, peraturan dan larangan Institusi Keuangannya dan Finfini dengan ini menyangkal segala liabilitas yang muncil dari kegagalan Pemegang Lisensi untuk mematuhi hal tersebut.    

d. Pemegang Lisensi bertanggungjawab penuh atas segala komunikasi dan informasi yang dikirimkan ke Finfini, seperti informasi kontak Pemegang Lisensi yang disediakan sebagai bagian dari registrasi akun user, termasuk melalui email atau sebaliknya melalui saluran online yang ditawarkan lewat Layanan. Finfini mengasumsikan bahwa segala komunikasi yang diterima melalui penggunaan informasi kontak Pemegang Lisensi yang disediakan sebagai bagian dari registrasi akun user dikirimkan atau diotorisasikan oleh Pemegang Lisensi dan bahwa segala komunikasi yang dikirimkan oleh Pemegang Lisensi sesuai dengan hukum yang berlaku, termasuk hukum anti- spam.

 a. Pemegang Lisensi setuju untuk dengan segera memberitahu Finfini apabila Pemegang Lisensi mencurigai adanya kehilangan, pencurian atau penggunaan yang tidak terotorisasi terhadap Informasi Akses Pemegang Lisensi. Finfini memiliki hak untuk menolak akses ke Layanan (atau bagian darinya) apabila Finfini menganggap bahwa telah terjadi kehilangan, pencurian, atau penggunaan yang tidak terotorisasi terhadap Informasi Pemegang Lisensi. Penolakan akses tersebut tanpa batas memungkinkan Finfini untuk menginvestigasi kehilangan, pencurian, atau penggunaan Informasi Akses Pemegang Lisensi yang tidak terotorisasi.   

 b. Pemegang Lisensi dengan ini menerima dan menyetujui bahwa Finfini dan Penyedia Layanan Pihak Ketiga memiliki izin untuk mengkombinasikan Data Akun dalam akun Pemegang Lisensi dalam Institusi Keuangan dengan orang lain dengan cara yang tidak mengidentifikasi Pemegang Lisensi atau individu lainnya, dan untuk menggunakan Data Akun yang teranonim tersebut, baik selama ketentuan EULA ini berlaku dan setelah penghentian, untuk keperluan apapun, termasuk namun tidak terbatas pada melakukan riset analitik tertentu, pelacakan performa, dan benchmarking. Finfini dapat mempublikasikan kesimpulan atau hasil yang teragregasi dari waktu ke waktu, dan mendistribusikan atau melisensikan data riset anonim tersebut untuk keperluan apapun, termasuk namun tidak terbatas pada meningkatkan produk dan layanan, mendampingi penanganan masalah dan dukungan teknis.

5. Layanan Developer
5.1 Pemegang Lisensi menerima bahwa Developer Application dapat meminta akses ke Layanan untuk keperluan penyediaan Developer Service kepada Pemegang Lisensi. Untuk memanfaatkan Developer Application yang menggunakan atau mengumpulkan informasi dari Layanan, Pemegang Lisensi dengan ini mengotorisasi Finfini untuk membagikan Data Keuangan Pemegang Lisensi dengan Developer. Selain itu, Pemegang Lisensi sepenuhnya menerima bahwa Developer dapat memberikan informasi Lisesi kepada Finfini untuk menggunakan Layanan. Pemegang Lisensi merepresentasikan dan menjamin bahwa ia memiliki hak dan mandat untuk menawarkan otorisasi tersebut kepada Finfini dan Developer.           

5.2 Pemegang Lisensi menerima bahwa Developer harus mengakses, menggunakan, memproses, dan menyimpan Data Akun Pemegang Lisensi sesuai dengan ketentuan dalam perjanjian lisensi end user yang berlaku antara Developer dan Pemegang Lisensi, dan semata-mata untuk keperluan penyediaan Layanan Developer kepada Pemegang Lisensi. Pemegang Lisensi menerima bahwa Developer bertanggungjawab penuh terhadap liabilitas yang timbul dari segala akses, penggunaan, distribusi, penyimpanan, penyebaran, atau pemegangan Informasi Pemegang Lisensi (termasuk namun tidak terbatas pada Data Keuangan Pemegang Lisensi) oleh Developer dan bahwa Finfini dan Pihak Ketiganya. Penyedia Layanan dengan tegas menyangkal segala liabilitas yang timbul dari penggunaan Developer terhadap informasi Pemegang Lisensi (termasuk namun tidak terbatas pada Data Keuangan Pemegang Lisensi). PEMEGANG LISENSI SETUJU DAN MENJAMIN DAN MENJAGA FINFINI DAN PENYEDIA LAYANAN PIHAK KETIGANYA TERKAIT SEGALA KERUGIAN, KLAIM, KERUSAKAN, LIABILITAS, BIAYA DAN PENGELUARAN YANG TIMBUL DARI PENGGUNAAN DEVELOPER TERHADAP INFORMASI PEMEGANG LISENSI (TERMASUK NAMUN TIDAK TERBATAS PADA DATA KEUANGAN PEMEGANG LISENSI).

6. Kumpulan dari Data Keuangan Institusi Keuangan
6.1 Pemegang Lisensi menerima dan menyetujui bahwa Finfini dan Penyedia Layanan Pihak Ketiganya dapat mengumpulkan dan menyimpan Data Keuangan Institusi Keuangan Pemegang Lisensi dalam mengakses informasi Pemegang Lisensi melalui Layanan.         

6.2 Pemegang Lisensi menerima dan menyetujui bahwa Finfini dan Penyedia Layanan Pihak Ketiganya, sehubungan dengan ketentuan Layanan, dapat mengakses, menggunakan, mengumpulkan, memproses, dan menyimpan Informasi Pemegang Lisensi (termasuk namun tidak terbatas pada Data Keuangan Institusi Keuangan Pemegang Lisensi) dalam yurisdiksi selain negara tempat tinggal Pemegang Lisensi dan/atau yurisdiski dimana Pemegang Lisensi menggunakan Layanan.

6.3 Pemegang Lisensi dengan tegas mengotorisasi Finfini dan Penyedia Layanan Pihak Ketiganya, sehubungan dengan ketentuan Layanan, untuk menggunakan informasi Pemegang Lisensi tertentu untuk: (i) mengumpulkan Data Keuangan Pemegang Lisensi; (ii) memformat kembali dan memanipulasi Data Keuangan; (iii) membentuk dan menyediakan teks yang tertaut ke Institusi Keuangan; (iv) mengakses Layanan Institusi Keuangan menggunakan Informasi Akses Pemegang Lisensi; (v) memperbarui dan memelihara informasi akun user; (vi) menangani error atau gangguan layanan; (vii) meningkatkan tipe data dan layanan yang Finfini sediakan di masa depan; dan (viii) melakukan tindakan yang diperlukan untuk melakukan tindakan yang dijelaskan di (i) dalam (ii) atas, yang mana masing masing terkait dengan ketentuan Layanan.

6.4 DALAM MENGAKSES DAN MENGGUNAKAN LAYANAN, PEMEGANG LISENSI MEREPRESENTASIKAN DAN MENJAMIN BAHWA PEMEGANG LISENSI ADALAH PEMILIK SAH DARI DATA AKUN INSTITUSI KEUANGAN DAN PEMEGANG LISENSI TERSEBUT MEMILIKI OTORITAS UNTUK MENUNJUK DAN DENGAN TEGAS MENUNJUK FINFINI DAN PENYEDIA LAYANAN PIHAK KETIGANYA SEBAGAI AGEN PEMEGANG LISENSI DENGAN PENGACARA DENGAN KEKUATAN YANG TERBATAS UNTUK MENGAKSES DALAM MODE READ-ONLY DAN MENERIMA DATA AKUN KEUANGAN ATAS NAMA PEMEGANG LISENSI.

Pemegang Lisensi menerima bahwa Finfini dan Penyedia Layanan Pihak Ketiganya tidak meninjau atau menganalisis Data Keuangan dan Pemegang Lisensi setuju bahwa Finfini dan Penyedia Layanan Pihak Ketiganya tidak bertanggungjawab atas kelengkapan maupun akurasinya. Segala transaksi atau aktivitas informatif yang dilakukan dalam Layanan Institusi Keuangan tidak dibuat melalui Layanan dan Finfini tidak bertanggungjawab atas transaksi atau aktivitas semacam itu. Pemegang Lisensi menerima bahwa ia bertanggungjawab penuh terhadap segala perubahan terhadap Data Akun Institusi Keuangan Pemegang Lisensi, dan bahwa segala perubahan harus dilakukan dalam Layanan Institusi Keuangannya yang berlaku.

7. Informasi dari Layanan Institusi Keuangan
Pemegang Lisensi menerima dan menyetujui bahwa: (i) Institusi Keuangan bisa saja tidak memperbolehkan Finfini dan/atau Penyedia Layanan Pihak Ketiganya untuk mengakses Layanan Institusi Keuangan; (ii) Institusi Keuangan dapat membuat perubahan terhadap Layanan Institusi Keuangannya, dengan atau tanpa pemberitahuan ke Finfini, yang dapat mencegah atau menunda agregasi data dari Institusi Keuangan; dan (iii) walaupun Finfini akan mencoba untuk “refresh” Data Keuangan, apabila datanya bukanlah yang terkini dari Institusi Keuangan dan/atau Penyedia Layanan Pihak Ketiga, transaksi terakhir dari Pemegang Lisensi bisa saja tidak terefleksikan dalam informasi akun yang disediakan kepada Pemegang Lisensi via Layanan. Merupakan kewajiban dari Pemegang Lisensi untuk mengawasi ketidaksesuaian pada Data Akun Pemegang Lisensi, dan sebelum melakukan transaksi apapun atau keputusan apapun yang berdasarkan Data Akun yang disediakan via Layanan, Pemegang Lisensi harus mengecek tanggal refresh terakhir dari akun tersebut dan mengkonfirmasi kepada Institusi Keuangan tersebut bahwa Data Akun tersebut adalah benar atau sebaliknya mengkonfirmasi bahwa Data Akun tersebut telah terbarukan dan akurat. FINFINI TIDAK MEREPRESENTASIKAN ATAU MENJAMIN BAHWA DATA AKUN YANG DISEDIAKAN KEPADA PEMEGANG LISENSI VIA LAYANAN AKAN SELALU LENGKAP, AKURAT, BEBAS ERROR ATAU TERKINI.

8. Perubahan terhadap EULA dan Layanan
Finfini memiliki hak untuk memodifikasi atau menghentikan, untuk sementara atau permanen, Layanan termasuk namun tidak terbatas untuk alasan, masalah keamanan, kebutuhan legal, alasan bisnis, dengan atau tanpa pemberitahuan kepada Pemegang Lisensi. Finfini dapat melakukan pemeliharaan Layanan dari waktu ke waktu, yang mungkin dapat mengakibatkan gangguan, penundaan, atau error terhadap Layanan. Pemegang Lisensi menerima dan menyetujui bahwa segala pemeliharaan, modifikasi, penundaan, atau penghentian Layanan, mungkin diberlakukan tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu. Finfini tidak bertanggungjawab atas perubahan, gangguna, penundaan atau penghentian Layanan.

Finfini memiliki hak untuk merubah EULA ini sewaktu-waktu dan dari waktu ke waktu. EULA mulai efektif diberlakukan ketika dipublikasikan di website Finfini atau melalui Layanan. Pemegang Lisensi disarankan untuk meninjau EULA dari waktu ke waktu. Pemegang Lisensi menerima dan menyetujui bahwa penggunaan lanjutan Pemegang Lisensi terhadap Layanan setelah tanggal perubahan EULA atau Layanan mengindikasikan persetujuan Pemegang Lisensi terhadap perubahan tersebut menandakan persetujuan Pemegang Lisensi terhadap perubahan yang ada. Tanggal pembaruan terakhir dari EULA ini ditampilkan pada bagian atas dokumen ini.

9. Penghentian
Pemegang Lisensi menerima dan menyetujui bahwa Finfini atas diskresinya dan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dapat menghentikan EULA ini dan penggunaan Pemegang Lisensi terhadap Layanan atas alasan apapun, termasuk setelah pelanggaran Pemegang Lisensi terhadap kewajibannya dan hak lisensi yang diberikan dibawah EULA ini. Setelah penghentian, segala penggunaan Layanan oleh Pemegang Lisensi harus dihentikan dan seluruh hak yang diberikan kepada Pemegang Lisensi dibawah EULA ini dicabut. Setelah penghentian, akun user Pemegang Lisensi yang dibuat sehubungan dengan Layanan ini harus dihapuskan dan segala Data Akun Institusi Keuangan Pemegang Lisensi yang disediakan, dikumpulkan, diproses atau disimpan sehubungan dengan Layanan harus dihapuskan sesuai dengan prosedur penghapusan data Finfini. Pemegang Lisensi menerima bahwa pada saat penghentia EULA, Pasal 1 hingga 13 harus bertahan dan tetap berlaku.

10. SANGGAHAN TERHADAP JAMINAN
PEMEGANG LISENSI DENGAN PENUH MENERIMA DAN MENGKONFIRMASI BAHWA LAYANAN DAN DATA YANG DISEDIAKAN MELALUI LAYANAN DIBERIKAN “SEBAGAIMANA MESTINYA” DAN “SEBAGAIMANA ADANYA”. FINFINI TIDAK BERTANGGUNGJAWAB ATAS SEGALA PENGGUNAAN ATAU KETERGANTUNGAN TERHADAP LAYANAN, ATAU ATAS SEGALA GANGGUNA ATAU PENUNDAAN PADA LAYANAN. FINFINI TIDAK MEMBUAT JAMINAN ATAU REPRESENTASI YANG TEGAS TERKAIT KUALITAS DAN AKURASI DARI LAYANAN DAN SEGALA DATA YANG DISEDIAKAN MELALUI LAYANAN, DAN FINFINI MENYANGKAL SEGALA JAMINAN, TERSURAT MAUPUN TERSIRAT, ATAU KETETAPAN DALAM BENTUK APAPUN HINGGA BATAS YANG DIIZINKAN OLEH HUKUM YANG BERLAKU. TERLEBIH, FINFINI DAN PENYEDIA LAYANAN PIHAK KETIGA, PEMBERI LISENSI DAN PEMASOKNYA TIDAK MEMBUAT REPRESENTASI APAPUN TERKAIT AKURASI, KELENGKAPAN, KUALITAS, SIFAT YANG BEBAS ERROR, KECOCOKAN, KEAMANAN, TIDAK ADANYA VIRUS, HILANGNYA DATA, AKSESIBILITAS, TIDAK ADANYA GANGGUAN ATAU TIDAK ADANYA PELANGGARAN TERHADAP HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL MANAPUN, ATAU KECOCOKAN TERHADAP TUJUAN APAPUN DARI LAYANAN DAN DATA YANG DISEDIAKAN MELALUI LAYANAN HINGGA BATAS YANG DIIZINKAN OLEH HUKUM YANG BERLAKU. PEMEGANG LISENSI MENERIMA BAHWA SEGALA PENGGUNAAN LAYANAN DAN DATA YANG DISEDIAKAN MELALUI LAYANAN MERUPAKAN KEPUTUSAN EKSLUSIF DAN RESIKO PENUH DARI PEMEGANG LISENSI.    

FINFINI, PENYEDIA LAYANAN PIHAK KETIGA, PEMBERI LISENSI DAN PEMASOKNYA TIDAK MENJAMIN KECUKUPAN DARI LAYANAN TERSEBUT ATAU KECOCOKAN DAN KEAMANAN TERHADAP PERALATAN KOMPUTER DARI PEMEGANG LISENSI DAN TIDAK MENJAMIN BAHWA LAYANAN, SERVER, ATAU EMAIL ATAU KOMUNIKASINYA YANG DIKIRIMKAN VIA LAYANAAN AKAN BEBAS DARI VIRUS ATAU AMAN DARI SERANGAN HACKING.

APABILA HUKUM YANG BERLAKU TIDAK MEMPERBOLEHKAN BEBERAPA ATAU SELURUH PENGECUALIAN JAMINAN DIATAS UNTUK DIBERLAKUKAN KEPADA PEMEGANG LISENSI, PENGECUALIAN TERSEBUT AKAN DIBERLAKUKAN KEPADA PEMEGANG LISENSI HINGGA BATAS MAKSIMAL YANG DIIZINKAN OLEH HUKUM YANG BERLAKU.

11. Batasan Liabilitas
PEMEGANG LISENSI DENGAN TEGAS MEMAHAMI DAN MENYETUJUI BAHWA, HINGGA BATAS MAKSIMAL YANG DIIZINKAN OLEH HUKUM YANG BERLAKU, FINFINI, PENYEDIA LAYANAN PIHAK KETIGANYA, PEMBERI LISENSI DAN PEMASOKNYA TIDAK BERTANGGUNGJAWAB ATAS SEGALA KERUSAKAN TIDAK LANGSUNG, INSIDENTAL, KHUSUS, KONSEKUENSIAL, TERMASUK NAMUN TIDAK TERBATAS PADA KERUSAKAN SEPERTI HILANGNYA LABA, KEGAGALAN TELEKOMUNIKASI, INTERNET, KOMUNIKASI ELEKTRONIK, RUSAKNYA DATA, KEAMANAN, HILANGNYA ATAU TERCURINYA DATA, VIRUS, SPYWARE, HILANGNYA KEUNTUNGAN BISNIS ATAU INVESTASI, ATAU SEGALA KEHILANGAN YANG TIDAK BERWUJUD, YANG DIAKIBATKAN OLEH PENGGUNAAN ATAU KETIDAKMAMPUAN UNTUK MENGGUNAKAN LAYANAN ATAU SEBALIKNYA DIBAWAH ATAU SEHUBUNGAN DENGAN SEGALA KETENTUAN DARI EULA INI. BATASAN-BATASAN DIATAS BERLAKU MESKIPUN FINFINI, PENYEDIA LAYANAN PIHAK KETIGA, PEMBERI LISENSI DAN PEMASOKNYA TELAH DIBERITAHU AKAN KEMUNGKINAN ADANYA KERUSAKAN SEMACAM ITU.   

TERLEPAS DARI SEGALA KERUSAKAN YANG MUNGKIN DITIMBULKAN OLEH PEMEGANG LISENSI ATAS ALASAN APAPUN (TERMASUK NAMUN TIDAK TERBATAS PADA KERUSAKAN YANG DISEBUTKAN DIATAS DAN SEGALA KERUSAKAN LANGSUNG ATAU UMUM), KESELURUHAN PERTANGGUNGJAWABAN FINFINI DAN PENYEDIA LAYANAN PIHAK KETIGA, PEMBERI LISENSI DAN PEMASOKNYA DIBAWAH EULA INI DAN PENGGANTIAN EKSLUSIF PEMEGANG LISENSI ATAS SEGALA HAL YANG DISEBUTKAN DIATAS ADALAH TERBATAS PADA MAKSIMAL $5 (LIMA DOLAR AMERIKA SERIKAT), ATAU Rp 50,000 (LIMA PULUH RIBU RUPIAH)

12. Larangan Ekspor
Layanan dan informasi, perangkat lunak, dan teknologi yang melandasinya tunduk kepada Peraturan Ekspor Republik Indonesia dan dapat tunduk kepada peraturan ekspor Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pemegang Lisensi menerima bahwa tidak ada satu bagianpun dari Layanan atau informasi, perangkat lunak dan teknologi yang melandasinya yang dapat diunduh atau sebaliknya diekspor atau diekspor kembali, baik secara lansgung maupun tidak langsung: (i) ke negara yang tunduk kepada sanksi Negara Kesatuan Republik Indonesia berlaku kepada ekspor barang; atau (ii) kepada orang yang masuk kedalam daftar kebangsaan atau orang yang di blacklist oleh Departemen Keuangan Republik Indonesia, atau daftar orang yang diblacklist oleh Departemen Perdagangan Republik Indonesia, daftar yang tidak terverifikasi, daftar Entitas atau daftar sanksi Non-Proliferasi.

13. Hukum dan Yurisdiksi
EULA ini diatur oleh dan harus ditafsirkan sesuai dengan hukum Negara Kesatuan Republik Indonesi, terkecuali seluruh ketentuan hukum yang bertentangan dan terkecuali Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Kontrak Perdagangan Barang Internasional 1980.

14. Perselisihan
PEMEGANG LISENSI SETUJU BAHWA SEGALA PERSELISIHAN DIBAWAH EULA INI HARUS DISELESAIKAN MELALUI ARBITRASE DIBAWAH HUKUM ONTARIA, DARIPADA MELALUI PROSES PENGADILAN. Arbitrase tersebut harus dimediasi oleh satu (1) arbiter yang ditunjuk dari daftar ADR Chambers dengan menerapkan Hukum Arbitrase Ontario. Arbiter tersebut harus dipilih oleh ADR Chambers dari daftar aribter yang berpengalaman dalam menyelesaikan masalah kontrak perdagangan yang kompleks. Segala arbitrase akan diatur oleh hukum dan regulasi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ketentuan arbitrase ini harus tetap bertahan dan berlaku terlepas dari penghentian EULA ini. PEMEGANG LISENSI DAN FINFINI SETUJU BAHWA MASING-MASING DAPAT MENGAJUKAN KLAIM TERHADAP SATU SAMA LAIN HANYA DALAM KAPASITAS INDIVIDU MEREKA DAN TIDAK SEBAGAI PENGGUGAT ATAU ANGGOTA PERWAKILAN KELOMPOK DALAM PEMERIKSAAN PERKARA REPRESENTATIF ATAU KELOMPOK. DENGAN MEMASUKI EULA INI DAN MENYETUJUI ARBITRASE, PEMEGANG LISENSI SETUJU BAHWA PEMEGANG LISENSI DAN FINFINI BERSAMA-SAMA MELEPASKAN HAK UNTUK MENGAJUKAN TUNTUTAN DAN HAK UNTUK MENGAJUKAN PERSIDANGAN OLEH JURI. SEBAGAI TAMBAHAN, ANDA SETUJU UNTUK MELEPASKAN HAK UNTUK BERPARTISIPASI DALAM CLASS ACTION ATAU MENGAJUKAN SUATU LANDASAN CLASS-WIDE. ANDA SETUJU BAHWA ANDA DENGAN TEGAS DAN DENGAN SADAR MELEPASKAN HAK-HAK TERSEBUT.